Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Energi Terbarukan Dengan Teknologi Waste to Energy (WTE)

Teknologi Waste to Energy (WTE) diantaranya:

(Landfill Gas Recovery (Lfg) Dan Anaerobic Digestion) adalah   proses dekomposisi bio kimia dari materi organik yang  ditemukan dalam limbah biomassa basah tanpa adanya oksigen,  untuk menghasilkan biogas dan pupuk kaya nitrogen.

Teknologi WTE menghasilkan biogas:

  • Dapat dibakar langsung dalam boiler gas untuk menghasilkan panas atau
  • Dapat menghasilkan listrik jika dibakar dalam turbin uap atau gabungan panas dan unitdaya (chp).

Sebagai alternatif, biogas dapat dibersihkan dengan menghilangkan karbondioksida dan zat lain untuk menghasilkan bio methane.

Gas ini dapat disalurkan kedalam jaringan gas yang akan digunakan dalam cara yang sama seperti gas alam. 

 

Alasan dipilihnya teknologi WTE melalui teknologi bio gas :

  1. Karena tujuan utama dari program ini adalah untuk mengatasi masalah sampah disumber timbunan sampah.
  2. Melalui tenologi pilorisis, sampah plastik kemasan diolah menjadi  bahan bakar alternatif setara minyak tanah.
  3. Melalui teknolgi anaerobic digestion (ad) sampah organik diolah menjadi energi baru terbarukan dengan produk utamanya biogas yang dapat dimanfaatkan oleh warga sebagai bahan bakar memasak dan pupuk kaya nitrogen yang dapat digunakan mendukung usaha pertanian.

Salah satu cara untuk memotivasi warga masyarakat agar dapat berperan aktif  dalam program tersebut, dilakukan pendekatan 3m (melihat, mengerti dan merasakan manfaatnya).

Maksud dan Tujuan Teknologi WTE

Maksud diselenggarakannya program pengolahan sampah menjadi energi baru terbarukan yaitu untuk mengatasi masalah sampah disumber timbunan sampah.

Adapun tujuannya antara lain yaitu :

(1) Mengolah limbah domestik dan peternakan/pertanian sebagai sumberdaya melalui teknologi biogas.

(2) Memberdayakan masyarakat melalui produksi pupuk organik cair  (slury biogas).

(3) Mengolah sampah an organik menjadi minyak pilorisis

Dasar Pemikiran

Teknologi Anaerobic Digistion

Biodigester/pembangkit biogas adalah suatu konstruksi yang secara fisik, biasanya yang dikenal sebagai kilang biogas. Karena berbagai bahan kimia dan reaksireaksi mikrobiologi berlangsung di dalam biodigester, ini juga yang dikenal sebagai

Reaktor biogas/bioreaktor atau reactor anaerob. Fungsi utama dari konstruksi ini adalah untuk menyediakan kondisi anaerob didalamnya, sebagai suatu ruang yang kedap udara dan air. Dapat dilakukan dari berbagai bahan-bahan konstruksi dan di dalam bentuk dan ukuran yang berbeda.

Teknologi Pilorisis